Pages

X-tra Sekolah

Selasa, 02 Februari 2010

Ekstrakulikuler adalah kegiatan tambahan yang dilakukan siswa sekolah atau universitas di luar jam kurikulum standar. Kegiatan ini ada di setiap jenjang pendidikan dari sekolah dasar hingga universitas. Kegiatan ekstrakulikuler ini bertujuan untuk mengembangkan kepribadian, bakat, dan kemampuannya di berbagai bidang. Kegiatan ini diadakan secara swadaya baik dari pihak sekolah maupun siswa itu sendiri untuk merintis kegiatan di luar jam pelajaran efektif.

Kegiatan ekstrakulikuler ini sendiri bisa dalam bentuk seni, olahraga, pengembangan diri dan kegiatan positif lainnya yang bertujuan mengembangkan kemajuan siswa itu sendiri.

Kita lihat contoh di SMP Negeri 1 Banyuwangi. Di bidang seni, ada tiga pilihan ekstrakulikuler. Diantaranya, teater ,tari ,musik tradisional, band dan drumband. Dalam bidang olahraga ada basket dan karate sebagai ekstrakulikuler di SMP Negeri 1 Banyuwangi. Untuk ekstrakulikuler sebagai pengembangan diri ada pramuka, PMR (Palang Merah Remaja), dan PKS (Petugas Keamanan Sekolah). Ada juga ekstrakulikuler jurnalistik dan fotografi. Namun, ekstrakulikuler pun diterapkan di bidang akademik, yaitu science club dan english club.

Nah, penjelasan di atas merupakan beberapa contoh ekstrakulikuler di jenjang Sekolah Menengah Pertama. Terimakasih!

0 komentar:

 
TheRealLivingDeal News 2 © 2011 | Designed by RumahDijual, in collaboration with Online Casino, Uncharted 3 and MW3 Forum