Pages

Ditemukan, 10 Planet Baru di Galaksi Bima Sakti

Sabtu, 21 Mei 2011


Baru-baru ini, sepuluh planet baru yang mengambang melalui galaksi ditemukan oleh tim astronom internasional yang dipimpin ilmuwan Selandia Baru. Kesepuluh planet itu berukuran sebesar Jupiter. Ini adalah penemuan baru dalam sejarah Galaksi Bima Sakti. “Mereka planet raksasa di galaksi kita, sekitar ukuran Jupiter. Ternyata selama ini kesepuluh planet tersebut
berada di suatu tempat di antara kita dan bintang-bintang,” kata Ian Bond, seorang Astro Fisika, belum lama ini.

Penemuan menggunakan perangkat lunak yang dikembangkan ilmuwan komputer Universitas Massey, Wellington, Australia. Planet-planet itu diyakini berjarak dua pertiga dari pusat galaksi, sekitar 25.000 tahun cahaya.

Sayangnya, jika ingin melihat menggunakan mata telanjang, planet-planet ini tidak dapat terlihat karena gelap gulita. Mereka tidak dapat memancarkan cahaya sendiri, mereka tidak memiliki massa untuk menyalakan bahan bakar dan menghasilkan cahaya bintang sendiri. Planet ini baru saja dikeluarkan dari sistem surya karena pertemuan gravitasi dekat dengan planet lain atau bintang lainnya. Kemungkinan besar planet-planet ini tumbuh dari reruntuhan bola gas dan debu.

Temuan ini membuat para peneliti berharap bahwa ada planet mengambang yang seukuran bumi dan dapat mendukung kehidupan, sehingga manusia bisa tinggal disana jika suatu saat bumi sudah habis masanya. Meskipun kemungkinan itu sangat kecil, tapi manusia terus mencari. Mungkin untuk mencegah datangnya hari kiamat seperti yang dikabarkan akan terjadi hari ini. Lebih dari itu, peliharalah sebaik mungkin bumi yang kita tempati ini. Jagalah diri kita seutuhnya, agar meskipun kiamat, kita tidak takut.

0 komentar:

 
TheRealLivingDeal News 2 © 2011 | Designed by RumahDijual, in collaboration with Online Casino, Uncharted 3 and MW3 Forum